Sabtu, 19 Oktober 2013

Modul IPS Kelas IV


KATA PENGANTAR
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
               Tiada kata yang pantas terucap selain syukur kepada Allah SWT yang telah memberi rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan modul mata pelajaran IPS kelas IV semester dua. Penyusun berharap modul ini bisa memberi andil dalam proses pembelajaran.Penyusunan Modul ini merupakan salah satu tugas mata kuliah pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program PascaSarjana (S2) Teknologi  Pendidikan di Universitas Bengkulu.
               Modul IPS ini disusun dengan bahasa yang lugas ,sistimatis, komprehensip, dan terpadu. Dengan pendekatan tersebut peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu Pendidikan Sosial. Faktor pendukung seperti modul sebagai salah satu indikator pendidikan perlu diprioritaskan demi tercapainya hasil belajar yang optimal.
               Penyusun menyadari modul ini memang masih belum sempurna. Penyusun mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun untuk penyempurnaan modul ini. Akhir kata, selamat belajar anak-anakku! Semoga modul ini bermafaat bagi kalian semua.
Melalui upaya belajar marilah kita bersama-sama mempersiapkan diri menjemput era mutu dan kualitas “Millenium Development Goals.”
                               وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ                                                                                                                                                                                                                                                        Penyusun


                                                           


ii
DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL             ...............................................................................................     i
KATA PENGANTAR           ...............................................................................................    ii
DAFTAR ISI                          ...............................................................................................   iii
PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL      .......................................................................    1
I. Pendalaman Materi    .........................................................................................................   2
II. Uji Diri       .......................................................................................................................   8
III. Uji Kompetensi    ...........................................................................................................    8
IV. Perbaikan     ....................................................................................................................    9
V. Pengayaan      ...................................................................................................................    9
Kunci Jawaban .....................................................................................................................     ll











                                                                       








iii
PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL

I.PENDALAMAN MATERI:
            Merupakan muatan materi seperti yang diisyaratkan dalam silabus, yang diuraikan secara ringkas, sistematis, dan jelas agar siswa agar siswa mampu berpikir kritis, kreatif, dan mampu memahami meteri dengan benar.

II.UJI DIRI:
            Berisi latihan maupun aktivitas yang dilakukan oleh siswa secara kelompok atau mandiri untuk memahami pendalaman.

III.UJI KOMPETENSI SISWA:
            Uji Kompetensi siswa merupakan umpan balik secara keselururan dari pendalaman materi yang dipelajari.

IV.PERBAIKAN:
            Perbaikan bertujuan memperbaiki dan memberi kesempatan kepada untuk meningkatkan hasil belajarnya.

V.PENGAYAAN:
            Pengayaan bertujuan meningkatkan pemahaman dan memperkaya kemampuan siswa terhadap pendalaman materi yang dipelajari.

VI.KATA SAKTI:
            Kata sakti adalah pesan-pesan bijak yang dapat mendorong pembaca meningkatkan kualitas diri.
           










I.PENDALAMAN MATERI
 A . Mengenal Masalah Sosial
Masalah sosial dapat  terjadi karena adanya gejala sosial.Gejala sosian atau tanda-tanda sosial terjadi karena dibuat dan dilakukan oleh manusia jadi,jika tindakan tersebut tidak dibuat oleh manusia, maka tindakan tersebut tidak dapat disebut tanda-tanda sosial.Gempa bumi dan gunung berapi bukanlah tanda-tanda sosial karena manusia tidak dapat membuat gempa bumi atau gunung meletus.Namun, gempa bumi, gunung meletus, atau bencana alam lainnya dapat menjadi penyebab munculnya masalah sosial.
Description: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRdgf-NrbdopIdjGgoYdZBYyUEtwG7WFzYsh62-C-UJwVlivLddjQDescription: http://ts3.mm.bing.net/th?id=H.4785153070861326&pid=15.1   
B. Macam-Macam Masalah Sosial
Masalah-masalah sosial terdiri dari:
1.      Kependudukan
Penduduk suatu negara merupakan sumberdaya yang sangat penting bagi kelangsungan pembangunan.Indonesia memiliki banyak sekali penduduk, yaitu lebih dari 200 juta jiwa.
Banyak masalah kependudukan yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia.menyangkut tentang jumlah penduduk yang tidak merata,tingginya jumlah penduduk, urbanisasi, pengangguran, dan penduduk yang putus sekolah.Untuk mengatasi permasalahan kependudukann diperlukan peran dari pemerintah dan masyarakat Indonesia.
a.      Ketidakmerataan Jumlah Penduduk
Persebaran penduduk di Indonesia tidak merata di setiap wilayahnya.Pesebaran penduduk di setiap wilayah dipengaruhi oleh hal-hal berikut.
·         Lingkungan alam seperti kesuburan tanah, iklim, maupun sumber alam.
·         Keamanan yaitu ada tidaknya ancaman bagi wilayah tersebut baik dari manusia sendiri atau bencana alam.
Untuk mengatasi kepadatan dan pemerataan penduduk, pemerintah menjalankan program transmigrasi. Dengan transmigrasi,penduduk akan dipindahkan ke tempat yang lebih baik.Dengan demikian kehidupan mereka juga akan lebih baik. Pemerintah juga menyiapkan rumah susun di kota-kota susun di kota-kota besar.

b.      Tingginya Jumlah Penduduk
Negara yang mempunyai jumlah penduduk besar tidak otomatis akan menjadi modal bagi pembangunan bangsanya.Jumlah penduduk yang besar dapat pula menjadi beban bagi negara atau penduduk yang lainnya.

c.       Urbanisasi
Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota. Di negara kita urbanisasi terjadi di kota Jakarta, Bandung, Medan, makasar, dan kota besar lainnya.Orang yang melakukan urbanisasi disebut urban.Urbanisasi yang berlebihan menimbulkan berbagai masalah di perkotaan, terutama semakin tingginya kepadatan penduduk kota.Bagi penduduk yang memiliki pekerjaan yang mapan dan hidup berkecukupan akan mampu membeli rumah yang layak di kota. Namun, bagi penduduk yang kurang mampu terpaksa tinggal di rumah-rumah kumuh separti bantaran sungai atau di kolong jembatan,. Bahkan tidak sedikit penduduk yang tidak memiliki penghasilan menjadi gelandangan di kota.Hal ini akan menimbulkan kesenjangan sosial yang tinggi.

d.      Pengangguran
Pengangguran adalah orang yang mempunyai pekerjaan. Pengangguran merupakan masalah kependudukan yang harus dihadapi oleh negara di dunia baik negara maju maupun negara berkembang.Di Indonesia, masalah pengangguran menjadi hal penting yang harus dihadapi pemerintah. Lebih-lebih pada saat sekarang ini, pertambahan penduduk yang semakin tinggi sedangkan lapangan pekerjaan semakin sempit.

1)      Jenis-jenis pengangguran

§  Pengangguran terbuka adalah pendudukyang menganggur kerena belum mendapat pekerjaan atau tidak mempunyaipekerjaan.
§  Setengah pengangguran adalah penduduk yang bekerja di bawah jam 35 jam per minggunya.
§  Pengangguran terselubung adalah orang yang bekerja tidak secara maksimal karena tidak memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan kemampuannya.

2)      Dampak pengangguran

Pengangguran menimbulkan berbagai dampak, baik yang berhubungan dengan masalah ekonomi maupun masalah sosial. Dampak pengangguran yang tidak terkendali juga akan menimbulkan masalah sosial, di antaranya sebagai berikut.
§  Kriminalitas yang semakin merajalela.
§  Kemiskinan yang berkepanjangan.
§  Kesenjangan sosial semakin tinggi antar penduduk yang satu dengan yang lain.
§  Muncul permukiman kumuh, gelandangan, maupun tunawisma.
§  Anak-anak yang menderita gizi buruk karena orang tua mereka tidak mampu memberikan penghidupan yang layak.

3)      Penduduk putus sekolah
Tingginya biaya pendidikan membuat masyarakat tidak mampu membiayaisekolah anak-anak mereka. Akibatnya, banyak anakptus sekolah.
2.      Kemiskinan
Kemiskinan merupakan suatu keadaan kesulitan dan kekurangan di berbagai segi kehidupan.Ukuran kemiskinan masyarakat dapat dilihat dari tingkat kesejahteraannya. Masyarakat miskin memiliki tingkat kesejahteraan yang sangat rendah.

a.      Tingkat kesejahteraan masyarakat
Tinggi rendahnya kesejahteraan suatu masyarakat dapat kita lihat dari beberapa faktor.Adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:
1). Tingkat Kesehatan
Adanya kesadaran dari masyarakat akan pentingnya kesehatan mampu menunjukkan kesejahteraan masyarakat kesehatan mampu menunjukkan kesejahteraan masyarakat yang meningkat .Masyarakat sudah mulai memiliki kesadaran memeriksakan kesehatan di puskesmas atau dokter.

2). Pendidikan
Jika jumlah penduduk yang bersekolah lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah penduduk yang tidak bersekolah maka dapat diketahui bahwa tingkat kesejahteraannya baik.Begitu pula sebaliknya,jika jumlah penduduk putus sekolah lebih besar, maka keejahteraan masyarakatnya tidak baik.

3). Tenaga kerjaApabila jumlah penduduk bekerja lebih besar dibandingkan dengan pengangguran maka tingkat kesejahteraan masyarakatnya baik.

4).Tingkat kehidupan dan kematian (Mortalitas dan Fertilitas)
Semakin tinggi tingkat kematian anak dalam masyarakat menunjukkan tingkat kesejahteraan yang tinggi.Ketersediaan fasilitas sarana yang lebih baik akan meningkatkan jumlah anak yang hidup.

4). Perumahan
Kualitas perumahan yang ditempati penduduk dapat menunjukkan tingkat kesejahteraan mereka.

b.      Kemiskinan rentan terhadap kejahatan

Penduduk yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah merupakan penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan.Penghasilan masyarakat yang begitu sedikit tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.Pada akhirnya untuk memenuhi kebutuhan hidup,ada penduduk yang terpaksa melakukan kejahatan demi kelangsungan hidupnya.


3.      Salah Pergaulan
Sebagai pelajar dan generasi penerus bangsa tidak boleh terjerumus dalam pergaulan yang salah.Jika pergaulan yang salah ini tersebut dibiarkan begitu saja tanpa ada yang memperbaiki atau mencegah, maka banyak orang yang akan terjerumus pada tindakan kriminal.Tindakan kriminal tersebut seperti tawuran, merokok, penyalahgunaan obat-obat terlarang, minum-minuman keras, kenakalan remaja, dan lainnya.     
·         Tawuran
Tawuran adalah tindakan perkelahian antar kelompok ,biasanya tawuran ini dilakukan antar pelajar.
·         Merokok
Pelajar mulai merokok karena meniru orang tuanya yang merokok dan juga pengaruh teman-teman sekelilingnya yang juga merokok.
·         Penyalahgunaan Obat Terlarang (Narkoba).
Selain merokok atau tawuran bentuk dari pergaulan yang salah adalah  pemakaian obat-obat terlarang (narkoba). Banyak sekali jenis narkoba yang diperdagangkan secara bebas.
·         Minum-Minuman Keras
Minuman keras adalah minuman yang nengandung alkohol.jika dikonsumsi secara terus menerus dapat merugikan dan membahayakan kesehatan       

4.      Mengatasi Masalah Sosial

a.      Mengatasi Masalah Kependudukan
Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mengatasi masalah kependudukan. Upaya upaya tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

·         Melakukan progra keluarga berencana (KB)
·         Meningkatkan kesadaran akan kebersihan,
·         Melaksanakan program tranmigrasi.
·         Pemerataan pembangunan hingga ke desa-desa.
·         Perbaikan dan pembangunan sarana perhubungan (tranportasi).
·         Pembukaan lapangan kerja baru.
·         Program listrik masuk desa
·         Pembangunan desa tertinggal.

b.      Mengatasi Masalah Kemiskinan
Beberapa usaha yang dilakukan pemerintah untuk menuntaskan kemiskinan dan meningkatkan tarap hidup penduduk meliputi bidang pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan penduduk.
c.       Mengatasi Masalah Sosial Akibat Salah Pergaulan
Masalah sosial yang dihadapi para remaja atau pelajar bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga tanggung jawab semua orang.Pihak- pihak yang berperan serta antara lain sebagai berikut.

a). Pemerintah
Pemerintah dalam hal ini pihak kepolisian, mereka telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya sebagai berikut.
·         Pre-emptif yaitu kegiatan yang ditujukan untuk menghilangkan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap timbulnya masalah sosial seperti kenakaln remaja.Misalnya mengadakan penerangan, bimbingan, penyuluhan, serta ceramah-ceramah pada pelajar, orangtua,dan masyarakat.
·         Preventif  yaitu kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk menghiangkan kesempatan untuk terjadinya masalah sosial sepert kenakalan remaja, minum-minuman keras, penggunaan obat-obat terlarang atau merokok. Tindakan preventif misalnya melakukan razia di tempat-tempat hiburan malam.
·         Mengadakan kerjasam dengan pihak sekolah dan masyarakat seperti mengadakan diskusi atau seminar.
    b). Orang Tua
 Orang tua merupakan pihak yang paling berperan dalam upaya mengatasi masalah        kenakalan remaja yang ada di masyarakat.
     c). Sekolah
     Sering kita menyebut bahwa sekolah adalah rumah kedua bagi kita, sebab sebagian besar waktu kita habiskan di sekolah untuk belajar. Sekolah dapat digunakan sebagai sarana yang efektif untuk mengatasi masalah sosial di masyarakat.
     d). Diri sendiri
      Sebagai pelajar kita harus dapat membedakan mana yang baik dan yang buruk.Oleh karena itu kita cara mengatasi perilaku negatif dapat dimulai dari diri sendiri.

II.  UJI DIRI  1-4
Uji Diri 1
Ayo kerjakan soal –soal di bawah ini!
1.      Apakah masalah sosial itu?
2.      Apa saja masalah sosial yang ada dikeluarga?
3.      Apakah akibat dari ketidakmerataan jumlah penduduk di wilayah Indonesia?
4.      Apa yang mengakibatkan Urbanisasi?
5.      Apa akibatnya jika banyak penduduk yang putus sekolah?


 
Uji Diri 2
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini!
1.      Apa yang dimaksud dengan kemiskinan?
2.      Faktor apa saja yang menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat?
3.      Disuatu daerah jumlah penduduk putus sekolah sangat besar. Apakah artinya?
4.      Apa akibatnya jika kemiskinan terus menerus terjadi?
5.      Menurut pendapatmu, bagaimana cara memberantas kemiskinan?


 
Uji Diri 3
            Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini!
1.      Apa akibat dari salah pergaulan?
2.      Apa akibatnya jika menggunakan narkoba?
3.      Apa akibat dari minum-minuman keras?
4.      Apa yang akan lakukan, jika ada teman yang mengajakmu untuk merokok?
5.      Apa yang akan kamu lakukan , jika melihat temanmu mencoba merokok?


 
Uji Diri4
Ayo kerjakan soal-soal di bawah ini!
1.      Apa upaya-upaya pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan?
2.      Apa saja upaya pemerintah untuk meningkatkantaraf hidup masyarakat dalam bidang pendidikan?
3.      Apa saja kegiatan pelayanan kesehatan dari pemerintah bagi masyaraka?
4.      Sebutkan kegiatan Pre-emptif  dari pihak pemerintah untuk mengatasi masalah sosial akibat dari salah pergaulan?
5.      Apa peran orang tua dalam mengatasi masalah kenakalan remaja?

III. UJI KOMPETENSI
I.Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!
1. Kartu yang dibuat pemerintan agar orang miskin dapat berobat ke dokter disebut kartu.....
    a. Jamkesmas                       b.Resep           c. Tanda Penduduk                 d. Pengenal
2. Persebaran penduduk dipengaruhi oleh........
    a. Kebudayaan                    b. Pendidikan              c. Asal-usul                 d. Keadaan alam      
3. Perpindahan penduduk dari desa ke kota disebut......
    a. Reboisasi                         b. Transmigrasi            c. Migrasi                    d. Urbanisasi              
4. Orang yang tidak mempunyai pekerjaan dinamakan......
    a. Pekerja                             c. Tunawisma              b. Pengangguran        d. Pegawai
5. Penduduk yang berada di garis kemiskinan rentan terhadap.......
    a. Pengaruh luar                  b.Kecerdasan              b. Kejahatan               d. Kebaikan
6. Adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat menunjukkan tingkat.......lebih baik
    a. Kesehatan                        b. Pendidikan              c, Kesejahteraan         d. Kecerdasan
7. Faktor-Faktor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan adalah sebagai berikut kecuali.....
    a. Tingkat kesehatan           b. Tingkat pendidikan   c. Perumahan           d. Kegiatan sehari-hari
8. Berikut ini yang bukan merupakan massalah sosial adalah.........
   a. Kemiskinan                      b. Kejahatan                c. Kependudukan        d. Kekeluargaan                                                                                                                                        
9.Akibat kemiskinan adalah .........
    a. Anak putus sekolah                                  c. Hidup sehat           
    b. Menumbuhkan sikap bekerja keras         d. Dapat hidup mandiri                                  
10. Untuk mengatasi masalah kependudukan, pemerintah Indonesia melaksanakan program.....
   a. Keluarga Berencana(KB)     b. Transmigrasi     c. Wajib belajar 9 tahun     d. Reboisasi

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Penduduk yang tidak produktif adalah penduduk yang tidak ...
2.  Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari.... ke .....
3.  Apabila melihat pencurian, tindakan yang sebaiknya kita lakukan adalah....
4.  Salah satu program untuk mencegah pertumbuhan penduduk adalah .....
5. Minuman keras adalah minuman yang mengandung....
6. Aparat negara yang bertanggung jawab terhadap keamanan dan ketertiban .....
7. Masyarakat yang mulai kesadaran kalau sakit segera berobat ke.....
8. Merampas barang (hak) orang lain secara paksa disebut....
9. Sampah yang menumpuk di lingkungan pemukiman dapat menyebabkan....
10 Sebagai pelajar kita sebaiknya kita......penggunaan narkoba.

IV. PERBAIKAN
Sebutkan masalah-masalah yang terjadi di lingkunganmu! Masukkan jawabanmu ke dalam
Tabelberikut ini!
No
Jenis Masalah Sosial yang ada
Cara Mengatasinya
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.




V. PENGAYAAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan uraian yang jelas dan tepat!
1.Jelaskan hal-hal apa saja yang mempengaruhi persebaran penduduk dalam negara ? .........................................................
2.Sebutkan masalah kependudukan yang dihadapi negara Indonesia!....... ................................................................
3.Sebutkan pihak-pihakyang bertanggung jawab terhadap masalah sosial yang dihadapi oleh para remaja! ...............................................................................
4.Sebutkan 5 contoh masalah sosial! .........................................................................
5.Sebutkan beberapa contoh peningkatan kesejahteraan penduduk di berbagai bidang?.................
                                                                                                                                               KUNCI JAWABAN:
Uji Kompetensi :
I.                   1.a             2.d       3. d      4.b       5. b      6. c      7.d       8.c       9. a      10.b
 .
II.                 
1.      Bekerja
2.      Desa ke kota
3.      Melapror kepada yang berwajib
4.      Keluarga Berencana
5.      Alkohol
6.      Polisi
7.      Dokter/Puskesmas
8.      Merampok
9.      Penyakit/polusi
10.  Menghindari
Pengayaan :
1.Lingkungan alam seperti kesuburan tanah, iklim maupun sumber alam
Keamanan yaituada tidak ancaman bagi wilayah tersebut baik manusia sendiri atau bencana alam
2.Ketidakmerataan .tingginya jumlah penduduk, urbanisasi, pengangguran, dananaak putus sekolah
3.Pemerintah,orang tua,sekolah dan diri sendiri
4.Tawuran, merokok, pemakaian obat-obat terlarang, dan minuman keras
5.Pertanian.industri, perumahan, dan transportasi.







                                                                                                          


Tidak ada komentar:

Posting Komentar