PANDUAN
PENGEMBANGAN SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas IV SEMESTER II
SEKOLAH DASAR NEGERI 09 CURUP
SELATAN
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : .SD NEGERI 09 CURUP SELATAN
|
Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
|
Kelas /
Semester : IV / II
|
Standar
Kompetensi : 2. Mengenal sumber daya
alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten / kota
dan provinsi
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
MATERI POKOK
|
NILAI KARAKTERISTIK
|
PENGALAMAN BELAJAR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR/
ALAT
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
2.1 Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan
potensi lain di daerahnya
|
1. Menjelaskan tujuan manusia melakukan kegiatan
ekonomi
2. Menjelaskan hubungan kegiatan manusia dengan
kegiatan ekonomi
3.Menjelaskan pengertian kegiatan produksi
4.Menjelaskan pengertian kegiatan distributif
5. Menjelaskan pengertian kegiatan konsumsi
6.Mengidentifikasi sumber daya alam yang dapat
mempengaruhi kegiatan ekonomi masyarakat setempat
7.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan
8.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat
perkotaan
9.Membedakan kegiatan ekonomi masyarakat yang
berhubungan dengan sumber daya alam
10.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di
bidang perkebunan
11.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di bidang
pertanian
12.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di
bidang perternakan
13.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di
bidang perikanan
14.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di
bidang pertambangan
15.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat di
bidang perindustrian
16.Menjelaskan kegiatan ekonomi masyarakat yang
berkaitan dengan potensi daerah
17.Menjelaskan potensi daerah di dataran tinggi
18.Menjelaskan potensi daerah di dataran rendah
19. Menjelaskan potensi daerah di daerah pantai
20.Menjelaskan potensi daerah padang rumput
|
§ Aktivitas ekonomi yang
berkaitan dengan
sumber daya .
§ Kegiatan ekonomi masyarakat yang
berkaitan dengan potensi lain daerah
|
Tanggung jawab(melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru)
Toleransi/bersahabat(bekerjasa-ma dalam melaksanakan tugas yang
diberikan oleh guru)
Kreatif (mengembangkan ide ketika bekerja dalam kelompok)
Jujur(bersikap jujur dalam melaksanakan tugas)
Kritis(mengkoreksi jawaban teman /kelompok lain yang kurang tepat)
Disiplin (mengerjakan tugas dari guru)
|
§ Melakukan pengamatan
tentang sumber daya alam yang berpotensi di daerahnya
§ Mendeskripsikan manfaat sumberdaya alam yang ada di ingkungan setempat
§ Menjelaskan manfaat sumber
daya alam hubungannya dengan kegiatan ekonomi masyarakat
§
Mengamati gambar SDA dan berdiskusi
|
Tertulis uraian
|
jawaban singkat
|
Sebutkan sumber daya alam yang
berpotensi di daerah-nya
|
12 x 35 menit
pert 1 - 4
(4 minggu)
|
Buku
IPS kelas IV Asy’ari Erlaggga hal. 107 – 116
Peta/atlas
Gambar
SDA
|
2
Mengenal
pentingnya koperasi dalam meningkat-kan kesejah-teraan masyarakat
|
21.Menyebutkan pengertian koperasi
22. Menunjukkan lambang koperasi
23. Menyebutkan landasan koperasi
24.Menyebutkan azas koperasi
25. Menyebutkan UUD 1945 Pasal 33 Ayat 1
26.Menyebutkan prinsip-prinsip koperasi
27.Menjelaskan tentang keanggotaan koperasi
28.Menjelaskan hak sebagai anggota koperasi
29. Menjelaskan kewajiban sebagai anggota koperasi
30. Menjelaskan sumber permodalan koperasi untuk
menjalankan usaha
31.Menjelaskan tentang modal sendiri
32.Menjelaskan tentang simpanan pokok
33.Menjelaskan tentang simpanan wajib
34.Menjelaskan tentang dana cadangan
35. Menjelaskan tentang dana hibah
36.Menjelaskan tentang modal pinjaman
37.Menjelaskan tujuan koperasi
38.Menjelaskan manfaat koperasi
39.Menyebutkan jenis-jenis koperasi
40.Membedakan koperasi menurut sifat usahanya
41.Memjelaskan arti kopeasi konsumsi
42.Menjelaskan arti koperasi produktif
43.Menjelaskan arti koperasi kredit atau simpan
pinjam
44.Membedakan arti koperasi menurut tingkatannya
45.Menjelaskan arti kopersi primer
46.Menjelaskan arti koperasi pusat
47. Menjelaskan arti koperasi gabungan
48.Menjelaskan arti kopersi induk
49.Membedakan koperasi menurut lingkungannya
50.Menjelaskan arti koperasi fungsional
51.Menjelaskan arti Koperasi Unit Desa (KUD)
52. Menjelaskan arti koperasi sekolah
53.
Membedakan koperasi menurut bidang usahanya
54.Menjelaskan arti koperasi single purpose
55.Menjelaskan arti koperasi multi purpose
56.Menjelaskan pentingnya koperasi dalam
perekonomian Indonesia
57.Menjelaskan peranan penting koperasi dalam
perekonomian Indonesia
58.Menjelaskan hal yang sangat penting dalam usaha
bersama melalui koperasi
59.Menjelaskan tentang Sisa Hasil Usaha (SHU)
60.Membedakan koperasi dengan Badan Usaha Milik
Negara
|
Pengertian koperasi
Hak dan Kewajiban Koperasi
Modal Koperasi
Tujuan dan Manfaat Koperasi
Jenis-jenis koperasi
Pentingnya koperasi untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat
Perbandingan koperasi dan usaha bersama
|
Tanggung jawab(melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru)
Toleransi/bersahabat(bekerjasa-ma dalam melaksanakan tugas yang
diberikan oleh guru)
Kreatif (mengembangkan ide ketika bekerja dalam kelompok)
Jujur(bersikap jujur dalam melaksanakan tugas)
Kritis(mengkoreksi jawaban teman /kelompok lain yang kurang tepat)
Disiplin (mengerjakan tugas dari guru)
|
§ Mengamati gambar
kegiatan rapat pada koperasi
§ Mendeskripsikan
pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
§ Menceritakan aktivitas
kegiatan koperasi sehari-hari
§ Menganalisis kegiatan
koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat
§ Mengamati gambar lambang
koperasi dan berdiskusi
|
Tertulis uraian
|
jawaban singkat
|
Sebutkan kegiatan apa saja yang
ada dalam kantor koperasi
|
12 x 35 menit
pert 5 - 8
(4 minggu)
|
Buku
IPS Kelas IV Asy’ari hal. 117 - 124
gambar
rapat anggota koperasi
|
3
Mengenal
perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman
menggunakannya
|
61.Menyebutkan jenis teknologi
62.Menyebutkan pengertian teknologi
63.Menyebutkan macam macam alat produksi
64.Menunjukkan alat produksi masa lalu
65.Menunjukkan alat produksi masa kini
66.Menceritakan pengalaman menggunakan alat
tehnologi produksi secara sederhana
67.Menceritakan cara menggunakan tehnologi
produksi masa lalu
68.Menceritakan cara menggunakan tehnologi
produksi masa kini
69.Menyebutkan pengertian komunikasi
70.Menyebutkan macam macam alat komunikasi
71.Menyebutkan peralatan tehnologi komunikasi masa
lalu
72.Menyebutkan peralatan tehnologi komunikasi masa
sekarang
73.Menceritakan pengalaman menggunakan alat
komunikasi secara sederhana
74.Menceritakan pengalaman menggunakan alat
komunikasi masa lalu
75.Menceritakan pengalaman menggunakan alat
komunikasi sekarang
76.Menyebutkan pengertian transportasi
77.Menyebutkan manfaat transportasi
78.Menyebutkan peralatan tehnologi transpotasi
79.Menyebutkan peralatan tehnologi transportasi
masa lalu
80.Menyebutkan peralatan tehnologi transportasi
masa sekarang
81.Menceritakan pengalaman menggunakan alat
transportasi secara sederhana
82.Menceritakan pengalaman menggunakan alat
transportasi masa lalu
83.Menceritakan pengalaman menggunakan alat
transportasi masa sekarang
|
Teknologi
produksi
Teknologi komunikasi
Teknologi transportasi
|
Tanggung jawab(melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru)
Toleransi/bersahabat(bekerjasa-ma dalam melaksanakan tugas yang
diberikan oleh guru)
Kreatif (mengembangkan ide ketika bekerja dalam kelompok)
Jujur(bersikap jujur dalam melaksanakan tugas)
Kritis(mengkoreksi jawaban teman /kelompok lain yang kurang tepat)
Disiplin (mengerjakan tugas dari guru)
|
§ Menjelaskan,
membandingkan, mengelompokkan, menunjukkan, membedakan dan menggunakan
teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
§
|
Tertulis uraian
|
jawaban singkat
|
Jelaskan, membandingkan,
mengelompokkan, menunjukkan, membedakan dan menggunakan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi
|
12
x 35 menit
pert
9 - 12
(4
minggu)
|
Buku
IPS kelas IV Asy’ari Erl
Gambar
teknologi produksi
Komunika-si
trans-portasi
|
4
Mengenal
permasa-lahan sosial di daerahnya
|
84.Menyebutkan pengertian penduduk Indonesia
85.Menyebutkan jumlah pendudukIndonesia
86.Menyebutkan
masalah kependudukan di Indonesia
87.Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi
persebaran penduduk disetiap wilayah
88.Menjelaskan dampak dari tingginya jumlah
penduduk di daerah
89.Menjelaskan dampak positif dari tingginya
jumlah penduduk di daerah
90.Menjelaskan dampak negatif dari tingginya
jumlah penduduk di daerah
91.Menjelaskan pengertian Urbanisasi
92.Menjelaskan sebab-sebab terjadinya Urbanisasi
93.Menjelaskan akibat yang ditimbulkan dari
Urbanisasi
94.Menjelaskan pengertian dari pengangguran
95.Menjelastkan jenis – jenis pengangguran
96’Menjelaskan pengertian pengangguran terbuka
97.Menjelaskan pengertian pengangguran setengah
98.Menjelaskan pengertian penangguran terselubung
99.Menjelaskan dampak yang timbul dari pengangguran
100.Menjelaskan sebab terjadinya anak putus
sekolah
101.Menjelaskan tentang akibat banyaknya anak
putus sekolah
102.Menjelaskan arti dari kemiskinan
103.Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan
tinggi rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat
104.Menjelaskan akibat yang ditimbulkan dari
kemiskinan
105.Menjelaskan akibat salah pergaulan pada
pelajar
106.Menyebutkan cara mengatasi masalah
kependudukan
107.Menyebutkan usaha yang dilakukan pemerintah
cara mengatasi kemiskinan
108. Menyebutkan pihak yang berperan untuk mengatasi salah pergaulan
109.Memberi contoh peran pemerintah dalam
mengatasi masalah sosial
110.Memberi contoh orang tua dalam mengatasi masalah sosial
111.Memberi contoh peran sekolah dalam mengatasi
masalah sosial
112.Memberi contoh diri sendiri dalam mengatasi
masalah sosial
|
kenampakan sosial budaya di daerah
Kependudukan
Kemiskinan
Salah pergaulan
Mengatasi masalah sosial
|
Tanggung jawab(melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru)
Toleransi/bersahabat(bekerjasa-ma dalam melaksanakan tugas yang
diberikan oleh guru)
Kreatif (mengembangkan ide ketika bekerja dalam kelompok)
Jujur(bersikap jujur dalam melaksanakan tugas)
Kritis(mengkoreksi jawaban teman /kelompok lain yang kurang tepat)
Disiplin (mengerjakan tugas dari guru)
|
§ Menyebutkan ciri-ciri
kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-
ten/kota, provinsi)
§ Mengelompokkan kegiatan
sosial dan kegiatan budaya di daerahnya
§ Menjelaskan akibat
terjadinya bencana alam dan pengaruhnya terhadap kegiatan masyarakat
§ Menjelaskan manfaat
kegiatan sosial di daerahnya
§ Menyebutkan
bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat
§ Menunjukkan tempat
kegiatan sosial dan budaya di daerahnya
§ Membedakan kegiatan
sosial dan budaya untuk anak-anak dan orang tua
§ Menceritakan kegiatan
sosial dan budaya yang pernah dilihatnya di depan kelas atau kelompoknya
|
Tertulis uraian
|
jawaban singkat
|
Sebutkan ciri-ciri kegiatan
sosial budaya daerah (kabupa-
ten/kota, provinsi)
|
12
x 35 menit
pert
13 - 16
(4
minggu)
|
Buku
IPS kelas IV Asy’ari Er-
langga
hall 141 - 157
Gambar
kegiatan kerja bakti
Gambar
gotong-royong memper-baiki rumah
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah ..SD Negeri 09 Cur-Sel
H A R V I A N ,S.Pd
NIP 196001011984111002
|
|
Curup, 16 April 2013
Guru Kelas
MIRNA DYAH RITA,S.Pd
NIP
196710191991042001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar