RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : IV / II
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
A.
Standar
kompetensi
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di
lingkungan kabupaten I kota dan provinsi
B.Kompetensi dasar
2.4 Mengenal permasalahan sosial di daerahnya
C.Indikator
1.
Kongnitif
produk
102. Menjelaskan arti dari kemiskinan
103.Menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat.
104.
Menjelaskan tentang kejahatan yang ditimbulkan akibat kemiskinan
105.Menjelaskan akibat
salah pergaulan pada pelajar
2.Kongnitif Proses
v Menyebutkan
arti dari kemiskinan
v Menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya tingkat
kesejahteraan masyarakat.
v Menyebutkan kejahatan yang ditimbulkan akibat dari kemiskinan
v Menyebutkan akibat salah
pergaulan pada pelajar
3.Afektif karakter
-
Tangung jawab :
melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru
-
Toleransi/
bersahabat : bekerja sama dalam mengerjakan tugas yang
diberikan
Oleh
guru
-
Kreatif :
mengembangkan ide ketika bekerja dalam kelompok
-
Jujur :
bersikap jujur dalam mengerjakan tugas
-
Kritis : mengkoreksi
jawaban teman / kelompok lain yang kurang tepat
-
4.Psikomotor
v Memberi contoh faktor-faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya tingkat
kesejahteraan masyarakat.
v Memberi contoh kejahatan yang ditimbulkan akibat dari kemiskinan
v Memberi contoh akibat salah
pergaulan pada pelajar
B.
Tujuan
pembelajaran
1.
Kongnitif
produk
·
Dengan media audio
visual siswa
dapat menjelaskan
faktor-faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya tingkat
kesejahteraan masyarakat.
·
Dengan media audio
visual siswa
dapat menjelaskan tentang kejahatan yang ditimbulkan akibat
kemiskinan
·
Dengan media audio
visual siswa dapat menjelaskan
akibat salah pergaulan pada pelajar
2.
Kongnitif
proses
·
Diberikan media audio
visual,siswa dapat menyebutkan faktor-faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya tingkat
kesejahteraan masyarakat.
·
Diberikan media audio
visual,siswa dapat menyebutkan kejahatan yang ditimbulkan akibat dari
kemiskinan
·
Diberikan media audio
visual,siswa dapat menyebutkan akibat salah
pergaulan pada pelajar
3.
Afektif
karakter
-
Tangung jawab :
melaksanakan tugas yang diberikan
oleh guru
-
Toleransi/
bersahabat : bekerja sama dalam mengerjakan tugas yang
diberikan
Oleh
guru
-
Kreatif :
mengembangkan ide ketika bekerja dalam kelompok
-
Jujur :
bersikap jujur dalam mengerjakan tugas
- Kritis :
mengkoreksi jawaban teman / kelompok lain yang kurang tepat
4. Psikomotor
·
Dengan melihat media audio visual siswa dapat memberi contoh faktor-faktor yang menyebabkan tinggi rendahnya tingkat
kesejahteraan masyarakat.
·
Dengan melihat media audio visual siswa dapat memberi contoh kejahatan yang ditimbulkan akibat dari
kemiskinan
·
Dengan melihat media audio visual siswa dapat memberi contoh akibat
salah pergaulan pada pelajar
C.
Materi
pembelajaran
Masalah sosial kemiskinan dan salah pergaulan
D.
Pendekatan
dan metode pembelajaran
1. Pendekatan :
kooperatif tipe think pair share (TPS)
2. Metode :
Tanya jawab, kerja kelompok, penugasan
E.
Kegiatan
pembelajaran
Pendahuluan ( ± 10 menit)
1. Mengkondisikan
kelas agar siswa siap untuk belajar
2. Guru
memberikan apersepsi yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
3. Memotivasi
siswa supaya aktif
Kegiatan inti (± 40
menit)
1. Secara
klasikal siswa memperhatikan penjelasan materi masalah sosial
2. Guru
mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan pelajaran, kemudian siswa diminta
untuk memikirkannya
3. Siswa
diminta berpasangan dengan siswa lain untuk mendiskusikan pertanyaan tersebut
4. Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok
5. Siswa
dibagi LDS setiap kelompok masing-masing
6. Guru
menjelaskan petunjuk kerja dalam LDS
7. Secara
berkelompok siswa mengerjakan LDS
8. Perwakilan
kelompok melaporkan hasil LDS ke depan kelas
9. Kelompok
lain menanggapi jawaban
10. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami tentang masalah sosial
Kegiatan akhir (± 20
menit )
1. Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pelajaran
2. Guru
memberikan evaluasi berdasarkan materi-materi yang dipelajari
3. Guru
memberikan tindak lanjut dengan meminta siswa untuk mengerjakan PR
4. Guru
mengajak msiswa untuk membiasakan mengerjakan PR
F.
Sumber
dan alat pembelajaran
a.
Simber :
1. Kurikulum
KTSP 2006
2. Silabus
Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas III
3. Ilmu
Pengetahuan Sosial SD kelas IV
karangan DepDikNas
4. Ilmu
Pengetahuan Sosial SD kelas IV
karangan Erlangga
b.
Media
dan alat peraga pembelajaran
1. Gambar-gambar
Audio Visual
2. LDS
dan LKS
G. Penilaian
Prosedur : Post tes, LDS
Bentuk : Tertulis
Jenis : Isian
LEMBAR DISKUSI SISWA
Mata
pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/
semester : IV /2
Alokasi
waktu : 15 menit
Nama-nama
kelompok
1. Anggrek
2. Kelinci
3. Melati
4. Gajah
5. Mawar
Tujuan :
Siswa
dapat melaporkan hasil kerja kelompok
Petunjuk ;
Mengidentifikasi beberapa
faktor penyebab tinggi rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat
Kunci jawaban:
a.
Tingkat Kesehatan
b.
Pendidikan
c.
Tenaga Kerja
d.
Tingkat Kehidupan d
dan Kematian(Mortalitas dan Fertilitas
e.
Perumahan
LEMBAR KERJA SISWA
Jawablah pertanyaan –pertanyaan berikut
ini !
1.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi tingkat kesejahteraan masyarakat adalah sebagai berikut, kecuali........
a.
Tingkat kesehatan
b.
Tingkat pendidikan
c.
Perumahan
d.
Kegiatan
sehari-hari
2.
Penduduk yang
berada di garis kemiskinan rentan terhadap ........
a.
Pengaruh luar
b.
Kejahatan
c.
kesejahteraan
d.
Kebaikan
3.
Adanya peningkatan
kesehatan masyarakat menunjukkan tingkat ....... lebih baik.
a.
Buruk
b.
Lebih baik
c.
Menurun
d.
Kurang baik
4.
Akibat dari
mengkomsumsi minuman keras terus-menerus dapat membahayakan.......
a.
Keindahan
b.
Kebersihan
c.
Kegiatan
d.
Kesehatan
5.
Sebagai
pelajar kita harus ......... pemakaian
narkoba.
a.
Menghindari
b.
Memakai
c.
Mengkonsumsi
d.
Menggunakan
Kunci Jawaban
3.
D 2. B 3. C 4.
D 5.A
LEMBAR
PENGAMATAN PRILAKU BERKARAKTER
Petunjuk
Ketika Siswa Melaksanakan
diskusi lalu berilah skor pada aspek pengamatan kerjasama dengan perpaduan pada
cara pemberian sekor
No
|
Nama
siswa
|
Aspek
pengamatan kerja sama
|
Skor
|
Nilai
akhir
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Ailusya Gustiana
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Abbi Irwanto
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Anissa Audryan
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Amar Rizky
Sulaiman.P.
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Candra Oktariza
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Dwi Yansyah
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Erna Afrilya
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Fiski Aprianto
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Jihan Wahyu .W
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Media Oktapia
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Meida Sari
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Nida Syakilla.D
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Nursella Aprilia
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Okta Sella
Saputra
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Sinta Dwi Puspita
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Linda Haryanti
|
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Pebiana Amelia
|
|
|
|
|
|
|
|
18
|
Nadia Juni
Fransiska
|
|
|
|
|
|
|
|
19
|
Wulan Kurniawati
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1. Berilah
nilai untuk aspek penilaian dengan skor 4 (maksimal) dan seekor 0 (minimal)
2. Nilai
4 jika ndicator yang diharapkan muncul dengan jelas / sering
3. Nilai
3 jika muncul namun tidak sering
4. Nilai
2 jika muncul tetapi beberapa kali jarang atau kadang-kadang saja
5. Nilai
1 jika muncul sedikit sekali
6. Nilai
0 jika ndicator tidak pernah muncul
Materi Pelajaran
Kemiskinan merupakan suatu keadaan kesulitan dan
kekurangan di berbagai segi kehidupan.Ukuran kemiskinan masyarakat dapat
dilihat dari tingkat kesejahteraannya. Masyarakat miskin memiliki tingkat
kesejahteraan yang sangat rendah.
Tingkat
kesejahteraan masyrakat
Tinggi rendahnya kesejahteraan suatu masyarakat dapat
kita lihat dari beberapa faktor.Adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai
berikut:
a.
Tingkat Kesehatan
b.
Pendidikan
c.
Tenaga kerja
d.
Tingkat kehidupan
dan kematian (Mortalitas dan Fertilitas)
e.
Perumahan
Kemiskinan
rentan terhadap kejahatan
Penduduk yang memiliki tingkat kesejahteraan rendah
merupakan penduduk yang beradadi bawah garis kemiskinan.Penghasilan masyarakat
yang begitu sedikit tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari.Pada
akhirnya untuk memenuhi kebutuhan hidup,ada penduduk yang terpaksa melakukan
kejahatan demi kelangsungan hidupnya.
Salah Pergaulan
Sebagai pelajar dan generasi penerus bangsa tidak boleh terjerumus dalam
pergaulan yang salah.Jika pergaulan yang salah ini tersebut dibiarkan begitu
saja tanpa ada yang memperbaiki atau mencegah, maka banyak orang yang akan
terjerumus pada tindakan kriminal.Tindakan kriminal tersebut seperti tawuran,
merokok, penyalahgunaan obat-obat terlarang, minum-minuman keras, kenakalan
remaja, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar